Hati-Hati! Ini 5 Respons yang Harus Dihindari Saat Temanmu Curhat, Bisa Membuatnya Tidak Nyaman

Hati-Hati! Ini 5 Respons yang Harus Dihindari Saat Temanmu Curhat, Bisa Membuatnya Tidak Nyaman

Respons yang harus dihindari saat temanmu curhat--freepik.com

Itu merupakan respons yang harus dihindari saat temanmu curhat, karena bisa membuat temanmu semakin lama memendam emosi negatif.

Dengan begitu, dia akan kesulitan merasakan kelegaan. Lebih jauh lagi, bisa jadi dia akan merasa bahwa menangis dan bersedih adalah hal yang salah. Tentu, itu merupakan sesuatu yang tidak sehat.

Alih-alih, sebaiknya kamu mengatakan, “Menangislah. Itu adalah hal yang wajar. Menangislah jika itu membuatmu lebih lega.”

Memintanya untuk Bersabar

Nasihat untuk bersabar sama sekali tidak salah. Akan tetapi, respons klise itu sangatlah tidak tepat untuk diberikan kepada seseorang yang sedang kesulitan dengan berbagai macam persoalannya. Meskipun adalah hal yang benar, situasi yang sulit akan membuat temanmu sulit memprosesnya.

Maka, itu adalah respons yang harus dihindari saat temanmu curhat. Sebaliknya, cara benar yang bisa kamu lakukan adalah dengan menenangkannya dan mendengarkan segala keluh kesahnya.

Posisikan dirimu sebagai dia yang tengah berada dalam kesulitan tersebut. Dukung dia, alih-alih memintanya untuk bersabar.

BACA JUGA Sadari! Ini 5 Tanda Komunikator yang Toxic, Hubunganmu Tidak Akan Mulus Bersama Mereka

Membandingkan dengan Kisah Sendiri

Masalah bukan sesuatu yang bisa dibanding-bandingkan. Seseorang hidup dengan persoalannya masing-masing. Oleh karenanya, tidak seharusnya kamu membandingkan kisahmu dengan kisah orang yang bercerita kepadamu.

Respons yang harus dihindari saat temanmu curhat akan menunjukkan bahwa kamu tidak memahami kondisi dan perasaan temanmu. Lebih jauh lagi, ini menunjukkan bahwa kamu adalah seseorang yang egois dan hanya peduli pada dirimu saja.

Jika kamu merasa pernah berada di situasi yang sama, akan lebih baik jika kamu mengatakan bahwa kamu memahaminya karena pernah berada di situasi serupa.

Tunjukkan bahwa kamu menghargai persoalan temanmu sebagai sesuatu yang sulit, sehingga penting bagimu untuk mendukunya.

Meremehkan Kemampuan Temanmu untuk Bertahan

Hal terakhir yang menjadi respons yang harus dihindari saat temanmu curhat adalah dengan meremehkan kemampuan temanmu untuk bangkit dan menghadapi masalahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: