Wajib Diwaspadai, 5 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Penderita Diabetes, Ini Dia Daftarnya

Wajib Diwaspadai, 5 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Penderita Diabetes, Ini Dia Daftarnya

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Penderita Diabetes--Youtube.com/Pedis Care

Seperti yang kita ketahui, karbohidrat sangat berpengaruh terhadap kadar gula darah. Ini karena tubuh memproses karbohidrat, memecahnya menjadi glukosa, yang akan diserap ke dalam aliran darahmu. 

Es teh manis mengandung hampir 45 gram karbohidrat. Selain itu, minuman tersebut mengandung banyak fruktosa, yang sangat mempengaruhi resistensi insulin dan diabetes.  

Selain itu, kadar fruktosa yang tinggi dalam minuman bergula dapat menyebabkan perubahan metabolisme yang meningkatkan jumlah lemak perut dan berpotensi membahayakan kadar kolesterol dan trigliserida. 

Untuk mengontrol kadar gula darah dan mencegah risiko penyakit, minumlah air putih atau es teh sebagai pengganti minuman manis. 

BACA JUGA:Inilah Buah yang Tidak Boleh Dimakan Oleh Penderita Diabetes, Dapat Memperparah Kondisi Tubuh

BACA JUGA:Mampu Cegah Diabetes! Ini Manfaat Makan Buah Rambutan bagi Kesehatan, Yuk Cek 3 Faktanya

2. Makanan berlemak

Lemak trans buatan berbahaya bagi tubuh. Mereka diproduksi dengan menambahkan hidrogen ke asam lemak tak jenuh untuk membuatnya lebih stabil. 

Lemak trans ditemukan dalam margarin, selai kacang, krim, dan beberapa makanan beku. 

Selain itu, produsen makanan sering menambahkannya ke kue dan makanan panggang lainnya untuk memperpanjang umur simpan produk. 

Meskipun lemak trans tidak secara langsung meningkatkan kadar gula darah, lemak trans dipercaya dapat meningkatkan peradangan, resistensi insulin dan lemak perut, serta menurunkan kolesterol HDL (baik) dan mengganggu fungsi arteri. 

3. Roti putih, nasi dan pasta

Roti putih, nasi dan pasta merupakan makanan dengan kandungan karbohidrat yang tinggi. Telah terbukti bahwa roti, bagel, dan produk lain yang diolah dari tepung kasar secara signifikan meningkatkan kadar gula darah pada penderita diabetes melitus tipe 1 dan tipe 2. Jenis makanan ini mengandung sedikit serat. 

Serat membantu memperlambat penyerapan gula ke dalam darah. Selain itu, memilih makanan utuh yang tinggi serat dapat membantu menurunkan kadar gula darah. 

BACA JUGA:Inilah Daftar Buah yang Dilarang untuk Penderita Diabetes, Dapat Memperparah Kadar Gula Darah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: