Usaha Apa yang Cocok di Bulan Ramadhan? Inilah 7 Ide Jualan di Bulan Puasa yang Pasti Laku dan Menguntungkan!

Usaha Apa yang Cocok di Bulan Ramadhan? Inilah 7 Ide Jualan di Bulan Puasa yang Pasti Laku dan Menguntungkan!

Usaha Apa yang Cocok di Bulan Ramadhan? Inilah 7 Ide Jualan di Bulan Puasa yang Pasti Laku dan Menguntungkan!-https://www.freepik.com-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Inilah ide jualan di bulan puasa yang pasti laku dan menguntungkan. Hal ini dapat dijadikan inspirasi menjalankan bisnis selama Ramadhan. Simak selengkapnya di sini.

Bulan ramadhan tidak hanya sebagai momen yang tepat untuk mencari banyak pahala tetapi juga menambah banyak rezeki.

Kamu dapat menciptakan peluang bisnis selama bulan Ramadhan, salah satunya yaitu dengan mencoba beberapa ide jualan di bulan puasa yang pasti laku dan menguntungkan dalam artikel ini.

Rupanya ada banyak ide jualan yang bisa dicoba selama Ramadhan, mulai dari jualan makanan dan minuman berbuka, perlengkapan sholat, fashion muslim, hampers, hingga jasa penyewaan kendaraan roda empat. Ramadhan

BACA JUGA:Belum Banyak yang Tahu 4 Kreasi Menu Takjil untuk Ide Jualan Menguntungkan di Bulan Puasa, Yuk Raup Berkah!

BACA JUGA:Baca 3 Kali dalam Sehari, Gus Baha Berikan Amalan Mustajab Agar Segala Hajat Terkabul dan Rezeki Lancar

Nah, di bawah ini beberapa ide jualan di bulan puasa yang pasti laku dan menguntungkan yang dapat dijadikan inspirasi bisnis selama Ramadhan.

1. Kurma 

Ide pertama untuk jualan di bulan puasa yang laku dan menguntungkan adalah kurma. Buah kurma menjadi makanan yang disunnahkan untuk umat muslim saat berbuka puasa.

Sehingga tak heran jika buah yang satu ini banyak diburu ketika bulan Ramadhan dan menjadi buah khas yang rasanya manis.

Adapun hal penting yang harus dipenuhi yaitu ketika akan berjualan kurma, pastikan mendapatkan kurma dari supplier yang sudah mendapatkan ijin usaha untuk menjamin kualitas buah kurma tersebut.

BACA JUGA:Apa Ide Bisnis yang Mudah Dilakukan di Bulan Ramadhan? Deretan Ide Jualan Menguntungkan di Bulan Penuh Berkah!

BACA JUGA:Pro Player Harus Tahu 5 Deretan Hp Gaming Murah Mulai 3 Jutaan Didukung Grafik FHD dan Refresh Rate Tinggi!

Selain itu perhatikan pula kadaluarsanya, karena umumnya buah kurma hanya dapat bertahan 3-6 bulan dalam suhu ruang. Sehingga tidak layak dikonsumsi jika melewatinya. 

2. Takjil

Ide kedua untuk jualan di bulan puasa yang laku dan menguntungkan yaitu menyediakan takjil. Takjil menjadi hidangan yang banyak dicari menjelang berbuka puasa.

Pada umumnya, takjil identik dengan cita rasa manis. Sehingga menjadi sajian pas dan menyegarkan bagi orang yang berpuasa.

Aneka takjil yang seringkali tersedia di pasaran yaitu kolak pisang, sop buah, es pisang ijo, es teler, es kelapa hijau dan masih banyak lagi. 

BACA JUGA:Inilah Resep Cromboloni Goreng, Jajanan Viral yang Cocok untuk Ide Jualan Modal Dikit Untung Banyak!

BACA JUGA:Rekomendasi Gamis Remaja Kekinian: Eksplorasi Gaya Tanpa Batas dengan Tren Fashion Ramadhan Terbaru

Rupanya takjil tidak sebatas aneka minuman, tapi berbagai makanan hingga dapat dijadikan lauk. Contohnya aneka gorengan, lemper, risol mayo, bakwan, martabak dan masih banyak lagi.

Untuk memulai usaha ini tidak membutuhkan modal yang besar bahkan seorang pemula sekalipun dapat menjalankannya. 

Pemilihan tempat berjualan takjil yag strategis biasanya di pinggiran jalan atau tempat umum yang ramai orang lewat dan banyak dikunjungi. 

Waktu untuk berjualannya tidak membutuhkan banyak waktu, hanya dimulai dari sore hingga menjelang berbuka puasa.

BACA JUGA:Begini Resep Mie Level Viral yang Cocok Dijadikan Ide Jualan Modal Kecil Untung Banyak, Dijamin Laris Manis!

BACA JUGA:Inilah Cara Membuat Sago Alpukat yang Segar dan Creamy, Cocok Untuk Menu Takjil Buka Puasa Ramadhan 2024

3. Fashion muslim 

Ide ketiga untuk jualan di bulan puasa yang laku dan menguntungkan yaitu fashion muslim. Pasalnya, permintaan fashion muslim ketika bulan Ramadhan akan meningkat terlebih menjelang hari raya. 

Tradisi mengenakan baju baru ketika hari raya idul fitri menjadi salah satu penyebab meningkatnya kebutuhan fashion muslim, mulai dari anak-anak hingga dewasa baik laki-laki maupun perempuan.

Bahkan tak jarang dijumpai berbelanja baju dengan memilih motif yang sama atau berseragam satu keluarga, karena dengan begitu akan terlihat serasi dan kompak.

Agar usaha fashion muslim kamu menarik, sediakan model, ukuran serta warna pakaian yang tengah menjadi tren fashion serta perhatikan kualitas bahan yang digunakan.

BACA JUGA:Inilah Cara Membuat Puding Regal Choco Cappucino yang Simpel dan Ekonomi, Cocok Untuk Menu Takjil Buka Puasa R

BACA JUGA:Inilah 5 Rekomendasi Hp Gaming 2 Jutaan Terbaik, Oke Buat Main Game CODM, FF, MLBB  Hingga PUBG Mobile!

Meskipun gaya fashion setiap orang tidak sama, tapi setiap orang tentu akan tampil dengan gaya terbaru yang tengah menjadi tren fashion saat ini.

Bagi kamu yang tertarik untuk usaha fashion muslim harus mempersiapkan modal yang tidak sedikit,sedikit secara umum membutuhkan modal yang cukup besar sekitar Rp 10-20 juta.

4. Perlengkapan sholat 

Ide keempat untuk jualan di bulan puasa yang laku dan menguntungkan adalah menyediakan kebutuhan sholat. 

Seringkali kebanyakan orang membutuhkan perlengkapan sholat seperti peci, sarung, mukena sajadah hingga Al-Qur'an baru ketik menyambut bulan Ramadhan.

BACA JUGA:5 Pilihan Merek Hp dengan Baterai Besar Tahan Puluhan Jam Didukung Fast Charging, Harga Mulai 1 Jutaan Aja!

BACA JUGA:4 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit Kering, Tips Glowing Awet Muda Bebas Kerutan di Bulan Ramadhan

Karena bulan Ramadhan dijadikan sebagai waktu yang tepat bagi umat Islam untuk mencari dan memperbanyak pahala. 

Hal ini dapat terlihat dari masjid-masjid yang lebih ramai dari biasanya karena dipenuhi jamaah  yang ingin sholat fardhu berjamaah, tadarus hingga sholat tarawih berjamaah.

Hal ini menjadikan permintaan perlengkapan sholat dan ibadah melonjak ketika bulan Ramadhan. Sehingga dapat dijadikan salah satu ide usaha selama bulan puasa yang menguntungkan.

5. Kue kering 

Ide kelima untuk jualan di bulan puasa yang laku dan menguntungkan yaitu menjajakan kue kering. Kue kering menjadi hidangan yang khas ketika hari lebaran.

BACA JUGA:Pantas Masih Banyak Dicari Honda Mobilio Memiliki Beberapa Keunggulan Tersembunyi yang Tidak Disadari Konsumen

BACA JUGA:5 Deretan Merek Hp Gaming Terbaik di Bawah 4 Jutaan Punya Spek Gahar Buat Mabar Seharian, Performa Luar Biasa!

Meskipun permintaan kue kering baru akan meningkat menjelang hari raya idul fitri, tapi tidak ada salahnya untuk mempersiapkannya jauh-jauh hari sebelumnya untuk mencari pelanggan. 

Aneka kue kering yang umumnya diburu masyarakat diantaranya kue nastar, putri salju, kastengel, lidah kucing, kue kacang, kue sagu dan masih banyak lagi.

Dalam memulai usaha ini, hal penting yang harus diperhatikan adalah memastikan bahan pembuatannya berkualitas agar hasilnya enak.

Selain rasa, hal yang tak kalah penting yaitu membuat kue dengan bentuk yang menarik dan kreatif agar pelanggan merasa tertarik dan menjadi pembeda dengan kompetitor lainnya.

BACA JUGA:Inilah 4 Deretan Merk Hp Gaming 1 Jutaan Snapdragon Termurah, Mulai dari Vivo Hingga Samsung!

BACA JUGA:4 Bedak untuk Memutihkan Wajah Kusam dan Tahan Lama, Rahasia Glowing Seharian di Usia 30 Tahun Ke Atas

Kamu juga perlu memperhatikan cara pengemasannya, pilihlah toples yang menarik dan bervariasi serta  aman untuk menyimpan kue. 

6. Hampers

Ide keenam untuk jualan di bulan puasa yang laku dan menguntungkan yaitu hampers. Hampers atau bingkisan biasanya ditujukan untuk kerabat, teman, kolega dan sebagainya.

Apalagi selama Ramadhan hingga menjelang lebaran, permintaan hampers akan meningkat mengingat sudah menjadi salah satu tradisi untuk saling berkirim hadiah disertai ucapan merayakan hari raya.

Pada umumnya isian hampers yang ditawarkan di pasaran meliputi makanan, minuman, perlengkapan ibadah, produk kecantikan, sembako dan masih banyak lagi. 

BACA JUGA:Ingin Sukses? Inilah 7 Tanda Kamu Memiliki Watak Orang yang Akan Sukses di Masa Tua

BACA JUGA:Ramadan 2024: Sedang Makan Sahur Tiba-tiba Imsak, Bolehkah Lanjut Makan? Begini Kata Ustaz Adi Hidayat

Selain memperhatikan modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini,  perlu kemampuan dan daya kreativitas yang tinggi untuk membuat sebuah hampers menjadi menarik.

Tapi jangan khawatir, karena berlaku ada harga ada kualitas. Harga yang ditawarkan untuk sebuah parcel biasanya tergantung pada isi dan jasa pengemasannya.

7. Rental mobil

Ide ketujuh untuk usaha di bulan puasa yang laku dan menguntungkan adalah jasa rental mobil. Jika memiliki mobil yang tidak terpakai, dapat dijadikan peluang usaha menjanjikan. 

Pasalnya menjelang hari raya, banyak orang yang berkunjung ke rumah saudara, mudik hingga pergi liburan.

BACA JUGA:Inilah 5 Deretan Hp 1 Jutaan Spek Gaming Chipset Kencang RAM Besar Baterai Jumbo, Makin Lancar Main ML! 

BACA JUGA:Modal Bihun Bisa Jadi Ide Jualan Makanan Online Hits Ala Korea? Inilah Resep Gimmari Jajanan yang Digemari

Pada umumnya, biaya sewa kendaraan umum seperti bus, kereta, kapal, pesawat akan mengalami kenaikan terlebih menjelang lebaran. 

Maka dari itu, kendaraan roda empat dapat menjadi alternatif terbaik mengingat biaya sewanya terjangkau dan dapat mengangkut banyak penumpang serta barang.

Tapi perlu diingat bahwa memastikan keamanan kendaraan menjadi hal wajib ketika akan membuka jasa penyewaan kendaraan roda empat ini.

Itulah 7 ide jualan di bulan puasa yang pasti laku dan menguntungkan. Selamat mencoba dan semoga sukses. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://www.gramedia.com/best-seller/prospek-bisnis-bulan-puasa/