Inovasi dan Pelayanan Prima, di Balik Keberhasilan Penyelenggaraan Ibadah Haji 1445 H

Inovasi dan Pelayanan Prima, di Balik Keberhasilan Penyelenggaraan Ibadah Haji 1445 H

Prof. Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag., Rektor UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan-Istimewa-

Keberhasilan penyelenggaraan pelaksanaan ibadah haji tidak terlepas dari kinerja para petugas haji. Para petugas haji yang mengerahkan waktu dan tenaganya menangani dan mengurusi jemaah haji Indonesia mulai dari akomodasi, transportasi, makanan, dan bimbingan ibadah haji. Kesigapan para petugas haji dalam melayani sangat diapresiasi oleh para jemaah.

Berbagai persoalan yang ditemui di lapangan dapat diselesaikan dengan baik oleh para petugas haji. Dengan mengabdi dan memberikan pelayanan terbaik bagi para tamu Allah ini, para petugas haji menjadi faktor keberhasilan penyelenggaraan haji dapat berjalan dengan baik di tahun ini.

Gus Men dalam acara Haflul Hajji Al-Khitamy mengungkapkan bahwa Kementerian Agama RI tetap mengupayakan kuota tambahan untuk jemaah haji Indonesia dengan tetap mempertimbangkan kenyamanan dan keselamatan jemaah haji.

Tentunya berbagai faktor keberhasilan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini menjadi benchmark proses pelaksanaan haji tahun-tahun mendatang. Di sisi lain, catatan evaluatif harus dibaca sebagai ikhtiar untuk perbaikan penyelenggaraan ibadah haji di waktu mendatang. (*)

*) Prof. Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag. (Rektor UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: