Pemkot Pekalongan Dorong Masyarakat Wajib Terapkan 6 Prinsip Hygiene Sanitasi Pangan

Pemkot Pekalongan Dorong Masyarakat Wajib Terapkan 6 Prinsip Hygiene Sanitasi Pangan

Masyarakat Wajib Terapkan 6 Prinsip Hygiene Sanitasi Pangan -FOTO-Dok. Istimewa

radarpekalongan.co.id-  Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Kesehatan setempat mendorong masyarakat menerapkan 6 prinsip hygiene sanitasi pangan untuk menjaga kualitas makanan yang dikonsumsi dan masuk ke dalam tubuh dalam kondisi tetap bersih dan aman. 

BACA JUGA:Pameran Yamaha Mall Pekalongan Bertebar Promo Termurah di Bulan Juni

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan, Slamet Budiyanto melalui Sanitarian Muda setempat, Maysaroh menjelaskan terdapat 6 prinsip hygiene sanitasi pangan yang perlu diketahui.

BACA JUGA:Banyak Kabel Jaringan Internet Semprawut, Ini Tindakan Pemkab Batang

"Meliputi, pemilihan bahan pangan yang segar dan sesuai standar, cara menyimpan bahan pangan sebelum diolah, pengolahan makanan dengan menggunakan alat masak yang aman, penyajian makanan harus dalam kondisi tertutup dan cara menyimpan makanan siap saji dengan tidak membiarkan di suhu ruang dalam waktu yang lama," jelas dia.

BACA JUGA:Warga Keluhkan Jalan Harjasari-Jatimulya Suradadi yang Rusak Parah, Tapi Tak Kunjung Diperbaiki

Dijelaskan Maysaroh untuk menghasilkan makanan yang sehat dan aman harus dimulai dari pemilihan bahan pangan berkualitas yang dapat dilihat dari ciri fisik seenaknya bentuk, warna, kesegaran dan bau makanan. 

Kemudian, bahan makanan yang baik juga harus terbebas dari kerusakan serta pencemaran kimia, seperti pestisida, biologis dan radioaktif. 

BACA JUGA:Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, BPI - Astragraphia bersama Pj Bupati Batang Tanam Ribuan Pohon

Bahan makanan yang digunakan dalam proses pengolahan makanan baik sebagai bahan baku maupun tambahan harus dibersihkan dengan air mengalir dan disimpan dengan cara yang baik.

BACA JUGA:Bakal Dijadikan Cagar Budaya, Segini Anggaran Ekskavasi Candi Tertua di Jateng yang ada di Batang

“Masyarakat harus benar-benar memperhatikan kondisi dan kualitas bahan pangan yang akan dimasak, cuci dengan air mengalir, hindari makanan mentah sebab bisa jadi terdapat bakteri, masak sampai matang," tegasnya.

BACA JUGA:TP PKK Kota Pekalongan Sosialisasi Kader Upaya Implementasi Keluarga Gagah Bencana

Kemudian, pihaknya juga menjelaskan jika terdapat makanan sisa tidak habis dalam satu waktu simpan di lemari pendingin dengan wadah tertutup supaya tidak terkontaminasi dengan bakteri, dan jangan lupa saat mengolah dan sebelum makan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. (ap3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: