Diduga Akibat Puntung Rokok, Lahan Dekat Sekolahan di Bojong Pekalongan Terbakar

Diduga Akibat Puntung Rokok, Lahan Dekat Sekolahan di Bojong Pekalongan Terbakar

Petugas Damkar Kabupaten Pekalongan dibantu warga dan polisi berhasil padamkan kebakaran lahan di Bojongminggir.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN - Diduga akibat buang puntung rokok sembarangan, lahan perkebunan milik warga di Desa Sembungjambu Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan terbakar, Jumat, 4 Agustus 2023. Beruntung, lahan yang terbakar dekat sekolahan ini bisa dipadamkan oleh petugas Damkar Kabupaten Pekalongan bersama warga sekitar dan TNI-Polri.

Kapolsek Bojong AKP Suhadi, mengatakan, penyebab terbakarnya lahan tersebut karena adanya orang yang membuang puntung rokok sembarangan, sehingga terjadi kebakaran.

Baca juga:Kebakaran Lahan Kian Marak di Pekalongan, Jangan Buang Puntung Rokok Sembarangan!

“Api diduga berasal dari puntung rokok yang dibuang sembarangan di lahan kering, karena perkebunan banyak semak dan juga rerumputan kering sehingga puntung rokok yang masih menyala dengan cepat dan mudah membakar perkebunan milik warga,” ujarnya.

Kebakaran terjadi sekitar pukul 11.30 WIB. Warga yang melihat kejadian tersebut segera melaporkan ke Polsek Bojong. Selanjutnya, dari pihak Polsek segera menghubungi tim Damkar Kabupaten Pekalongan.

Tim Damkar dibantu oleh personel Polsek Bojong dan warga sekitar berusaha untuk memadamkan kobaran api yang membakar lahan perkebunan. “Api berhasil dipadamkan dengan kerja sama warga, Polri dan petugas Damkar Kabupaten Pekalongan,” ungkapnya.

Atas kejadian ini, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati. "Jangan buang puntung rokok sembarangan ke lahan kering, karena bisa memicu kebakaran," pesannya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: