8 Cara Menambah Berat Badan dengan Cepat Tanpa Obat, Rahasia Berat Badan Ideal secara Alami

8 Cara Menambah Berat Badan dengan Cepat Tanpa Obat, Rahasia Berat Badan Ideal secara Alami

Cara Menambah Berat Badan Dengan Cepat--freepik

Lemak trans dan gula dalam makanan instan dapat meningkatkan kolesterol jahat dan menyebabkan obesitas.

Sebagai gantinya, pilihlah makanan padat nutrisi yang mengandung karbohidrat kompleks, lemak sehat, dan protein. Ini termasuk roti gandum dengan sayuran, daging rendah lemak, buah-buahan dan kacang-kacangan.

5. Konsumsi Makanan Tinggi Protein

Otot terdiri dari kontribusi protein dan tanpa protein, sebagian besar kalori mungkin akan berakhir sebagai lemak tubuh. Jika kamu ingin menambah berat badan, targetkan 1,5-2,2 gram protein per kilogram berat badan.

Jumlah ini bisa lebih banyak jika asupan kalorimu sangat tinggi. Jenis makanan berprotein tinggi yang bisa kamu coba adalah daging, ikan, telur, produk susu, polong-polongan, kacang-kacangan, dan lain-lain.

6. Hindari Minum Sebelum Makan

Pastikan kamu menghindari minum air putih sebelum makan agar perutmu tidak merasa kenyang terlebih dahulu sehingga nafsu makanmu akan berkurang. Minum 30 menit setelah selesai makan dapat menjadi salah satu cara menambah berat badan yang dapat kamu coba terapkan.

7. Mengkonsumsi Jus atau Smoothies

Konsumsi soda, kopi, teh atau minuman lain yang mengandung sedikit kalori tidak disarankan bagi kamu yang sedang berusaha menambah berat badan. Sebagai gantinya, konsumsilah jus atau smoothies.

Sebab, jenis minuman ini terbuat dari buah-buahan yang memiliki kandungan kalori yang tinggi. Sehingga, asupan kalori yang sangat dibutuhkan bisa didapatkan dengan baik dan maksimal. Buah-buahan yang mengandung banyak kalori adalah alpukat, mangga, duria, pisang, dan anggur. 

8. Tidur yang Cukup

Tubuhmu membutuhkan tidur yang cukup setelah berolahraga. Saat tidur, sel-sel otot yang rusak akan memperbaiki dirinya sendiri dan tubuhmu mempersiapkan diri untuk berolahraga keesokan harinya. Selain itu, hormon-hormon juga diproduksi saat tidur. Hormon-hormon ini membantumu menambah massa otot.

BACA JUGA:Bolehkah Melakukan Diet Jus? Berikut Fakta tentang Diet Jus yang Penting Diketahui

Nah, itulah beberapa tips dan cara menambah berat badan dengan cepat. Kamu bisa mulai mengatur pola makan untuk mendapatkan tubuh idealmu sekarang juga. Pastikan kamu juga mendapatkan istirahat yang cukup agar nutrisi dari makanan bisa terserap dengan maksimal.

Jika setelah mengikuti beberapa cara di atas, berat badanmu tidak kunjung naik, kamu bisa berkonsultasi dengan ahli gizi untuk mendapatkan obat dan suplemen atau saran diet tertentu sesuai dengan kondisi tubuhmu. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: