8 Makanan Penurun Darah Tinggi yang Ampuh dan Aman Dikonsumsi Penderita Hipertensi

8 Makanan Penurun Darah Tinggi yang Ampuh dan Aman Dikonsumsi Penderita Hipertensi

makanan penurun darah tinggi-ilustrasi yoghurt dan susu skim-freepik.com

RADARPEKALONGAN - Penderita hipertensi perlu memperhatikan asupan makanan penurun darah tinggi agar tekanan darat tetap terkontrol. Hal ini penting dilakukan agar tekanan darah tetap terkontrol.

Namun, apa saja ya makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi? Berikut ini informasi tentang jenis makanan penurun darah tinggi yang aman dikonsumsi penderita hipertensi

1. Seledri

Seledri merupakan salah satu makanan penurun darah tinggi yang sudah lama populer di kalangan masyarakat. Hal ini dikarenakan, seledri ini mengandung senyawa phthalide yang bisa membuat otot di sepanjang pembuluh darah lebih rileks dan menurunkan tekanan darah.

Untuk pengaplikasiannya, seledri ini dapat diolah menjadi jus yang dicampur dengan buah ataupun sayuran lain atau menambahkannya ke dalam masakan.

BACA JUGA:Sehat di Masa Tua, Ini Dia Vitamin untuk Orang Tua Terbaik, Bikin Terlihat Awet Muda

BACA JUGA:Dijamin Berhasil Tanpa Efek Samping ! Inilah 6 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet, Bikin Perutmu Langsing

2. Brokoli

Manfaat brokoli sebagai makanan yang baik dikonsumsi penderita hipertensi diperoleh dari tingginya kandungan flavonoid yang bersifat antioksidan. Senyawa ini dipercaya mampu melemaskan pembuluh darah, sehingga tekanan darah dapat menurun.

3. Yoghurt

Yoghurt merupakan susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri yang kaya akan sumber kalsium yang sangat baik, rendah lemak, dan pribiotik yang mampu mencegah risiko penyakit hipertensi.

Menurut American Heart Association, wanita yang mengonsumsi 5 atau lebih porsi yoghurt selama seminggu dapat mengurangi 20% risiko terkena tekanan darah tinggi.

4. Kentang

Kentang merupakan salah satu jenis sayuran umbi yang tinggi akan kandungan kalium, serat, dan magnesium. Ketiga zat ini dikenal mampu menurunkan tekanan darah dan cocok untuk pengindap hipertensi.

BACA JUGA:Daftar 6 Buah untuk Menurunkan Hipertensi dengan Segala Kandungannya, Rekomendasi untuk Pasien Darah Tinggi

BACA JUGA:Ini Dia 8 Jus Buah untuk Menghilangkan Lemas dan Kepala Pusing

Nah, jika kalian ingin mengonsumsi kentang sebagai penurun darah tinggi, sebaiknya hindari penggunaan garam yang berlebih karena hal tersebut justru dapat meningkatkan tekanan darah.

Sehingga alangkah lebih baiknya, masaklah kentang dengan cara direbus atau dipanggang tanpa penambahan garam.

5. Wortel

Selain kentang, adalagi nih jenis sayuran umbi yang bisa dijadikan sebagai makanan darah tinggi. Jenis sayuran umbi tersebut adalah wortel.

Dikenal sebagai makanan untuk menurunkan darah tinggi, wortel mengandung chlorogenic, p-coumaric, dan caffeic acids yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

BACA JUGA:Inilah 5 Macam Jenis Jus Penurun Darah Tinggi yang Wajib Diketahui

BACA JUGA:Inilah Daftar Jus Penghilang Sakit Kepala yang Mengandung Multivitamin Alami

Meski wortel dapat dicampurkan di berbagai olahan masakan. Sebaiknya kalian mengonsumsi wortel dalam bentuk mentah yang mana bisa diolah menjadi jus ataupun dimakan secara langsung.

Sebuah penelitian dari Journal of Hman Hypertension tahun 2014 yang diikuti oleh 2.195 orang yang berusia kisara 40-60 tahun.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi wortel mentah secara rutin dapat menurunkan tekanan darah lebih optimal dibandingkan mengonsumsi wortel yang sudah matang.

6. Susu Skim

Selain yoghurt, olahan susu lain yang dapat dijaikan makanan untuk menurunkan darah tinggi adalah susu skim.

BACA JUGA:Inilah 5 Buah yang Baik Dikonsumsi oleh Penderita Darah Tinggi, Efektif Bantu Turunkan Tekanan Darah

BACA JUGA:Pilihan Terbaik 8 Mineral dan Vitamin agar Badan Tidak Lemas Saat Kerja

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Human Hypertension tahun 2012, terdapat hubungan antara konsumsi susu rendah lemak, seperti susu skim dengan penurun risiko tekanan darah tinggi.

Selain menurut penelitian tersebut, susu skim ini juga dikenal memiliki kandungan kalisum dan senyawa peptisida yang beperan dalam menurunkan tekanan darah.

7. Gandum Utuh

Makanan lain yang dapat dijadikan sebagai penurun darah tinggi yakni gandum utuh.

Penelitian pada American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa gandung utuh bisa menjadi salah satu makanan yang membantu membantu menurunkan tekanan darah pada paruh baya atau lansia.

BACA JUGA:Mampu Mencegah Kanker dan Menurunkan Risiko Diabetes, Inilah 9 Makanan Sumber Vitamin D

BACA JUGA:Jangan Lupa Konsumsi 6 Vitamin untuk Badan Lemas Setelah Sakit Biar Kembali Pulih

8. Biji Rami

Makanan yang baik dikonsumsi oleh para penderita darah tinggi yang terkahir adalah Biji Rami atau juga dikenal dengan nama flaxseed.

Sudah sejak lama biji rami atau flaxseed ini diperdaya dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi kaarena kandungan omega-3, asam alfa linolenik, lignan, peptida, dan serat yang dapat berpengaruh pada tekanan darah.

Manfaat tersebut juga dibuktikan dari penelitian yang dipublikasikan dalam Journal Hypertension di tahun 2013 menyebutkan bahwa dengan mengonsumsi biji rami setiap hari selama 6 bulan dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: