Cara dan 4 Manfaat Memadukan Olahraga Kardio dengan Angkat Beban, Solusi Berat Badan Ideal!

Cara dan 4 Manfaat Memadukan Olahraga Kardio dengan Angkat Beban, Solusi Berat Badan Ideal!

Ilustrasi manfaat memadukan olahraga kardio dan angkat beban, olahraga happy dan badan lebih bugar.-Freepik.com-

Pola seperti ini dilakukan untuk menstabilkan kerja jantung agar lebih optimal menjalanakan fungsinya meski sedang melakukan dua jenis olahraga sekaligus. 

Sebagai contoh kasus sebagai pemula, mulailah dengan intensitas durasi dan beban latihan yang ringan. Kamu bisa memilih jogging sebagai jenis kardio rutin yang akan dilakukan, lakukan sekitar 30 menit, 3 kali dalam seminggu.

Untuk angkat beban bisa mulai dengan gerakan Dumbbell Shoulder Press,mulai dengan gunakan dumbbell masing-masing tangan 1 kg. Lakukan 2 kali seminggu, sebanyak 1 set dengan 8 sampai 12 repitisi tiap latihan. 

Jadi semisal Senin, Rabu, Jum'at untuk jogging. Selasa dan Kamis untuk latihan angkat beban. Tinggal sesuaikan dengan jadwal harian dan kebutuhan kamu. Jika sudah terbiasa, kamu bisa secara bertahap menambah durasi, frekuensi, dan beban saat latihan.

Manfaat Memadukan  Latihan Kardio dengan Angkat Beban

Baik olahraga kardio dan angkat beban memilik efek yang dibutuhkan tubuh. Maka dari itu disarankan untuk memadukan keduanya untuk mendapat manfaat dan hasil yang lebih optimal bagi tubuh.

Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan saat memadukan olahraga kardio dengan angkat beban.

1. Mendapat Bentuk Badan Ideal

Dengan memadukan olahraga kardio dan angkat beban akan saling mendukung manfaat satu sama lain. Proses pembakaran lemak dan kalori sudah lebih cepat lewat olahraga kardio.

Setelah itu akan mulai membentuk otot dan mengencangkan bagian tubuh lainnya lewat latihan angkat beban. Alhasil, tubuh langsing dan sixpack akan didapat lewat latihan yang rutin dan pola makan sehat.

2. Melatih Keseluruhan Tubuh

Saat hanya fokus pada satu jenis latihan, kita hanya akan fokus pada latihan satu bagian tubuh tertentu.

Misal ketika hanya melakukan joging, berat badan memang bisa tetap turun karena terjadi proses pembakaran lemak. Namun, hanya akan fokus melatih kekuatan otot kaki, tidak dengan bagian otot lainnya.

Selain itu, akan memungkinkan terjadinya stres pada jaringan yang terus dilatih. Hal ini akan memicu peningkatan hormon yang dapat menyebabkan terjadinya penumpukan lemak.

Jadi bukannya berat badan turun, malah bisa stuck. Maka disarankan untuk memadukan latihan kardio dengan angkat beban sebagai variasi dalam berolahraga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: