Inilah Makanan Sehat untuk Jantung yang Wajib Kamu Konsumsi, Mudah Ditemukan!

Inilah Makanan Sehat untuk Jantung yang Wajib Kamu Konsumsi, Mudah Ditemukan!

makanan sehat untuk jantung --freepik.com/lifestylememory

Kolesterol jahat yang masuk ke dalam aliran darah dan menumpuk menjadi plak dapat menyebabkan penyakit jantung. Oatmeal dapat menjadi pilihan sarapan yang baik untuk penderita penyakit jantung.

3. Biji Chia

Biji chia, makanan yang terlihat kecil, ternyata baik untuk kesehatan jantung. Penyakit jantung sering dikaitkan dengan tingginya kadar kolesterol dalam darah.

Biji chia mampu menurunkan kadar kolesterol jahat LDL karena merupakan sumber asam lemak omega-3 dan rendah kalori.

Kamu dapat membuat puding chia, mencampurkannya ke dalam yoghurt atau sup, atau menggunakannya sebagai taburan pada makanan sehari-hari.

4. Buah beri

Stroberi, blueberry, dan buah beri lainnya mengandung antosianin sebagai antioksidan yang berperan dalam mencegah peradangan. Kelompok buah beri ini bisa mencegah penyakit jantung koroner.

Oleh karena itu, konsumsi buah beri secara teratur sangat menyehatkan jantung. Selain itu, buah beri juga memiliki banyak serat dan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Kamu bisa mengkombinasikan oatmeal dengan buah beri untuk menambah cita rasa.

5. Kakao

Kakao atau cokelat hitam berada di urutan berikutnya dalam daftar makanan sehat untuk jantung.

Mengk

onsumsi kakao secara teratur dapat menghindari serangan jantung ringan dan stroke dini bagi orang yang rentan terhadap penyakit tersebut.

Cokelat dengan kandungan kakao 60-70% akan sangat bermanfaat bagi kesehatan. Sebaliknya, cokelat susu mengandung gula dan kalori yang sangat tinggi.

Kakao mengandung senyawa flavonoid yang disebut polifenol yang dapat mengurangi tekanan darah, penyempitan dan peradangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: