Inilah Makanan Sehat untuk Jantung yang Wajib Kamu Konsumsi, Mudah Ditemukan!

Inilah Makanan Sehat untuk Jantung yang Wajib Kamu Konsumsi, Mudah Ditemukan!

makanan sehat untuk jantung --freepik.com/lifestylememory

Kacang almond, kenari, pistachio, kacang tanah, dan kacang macadamia adalah makanan sehat untuk jantung. Kacang almond memiliki serat dan lemak yang baik untuk jantung.

Kacang kenari mengandung asam lemak omega-3 yang dikenal luas baik untuk kesehatan jantung. Banyak orang menghindari makan kacang-kacangan karena kandungan lemaknya yang relatif tinggi.

Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi kacang-kacangan secara teratur memiliki postur tubuh yang lebih ramping.

Jika dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan, kacang-kacangan akan memberikan dampak positif bagi tubuh, terutama jantung. 

10. Biji-bijian

Selain kacang-kacangan, biji-bijian utuh seperti lentil, kacang polong, dan gandum mampu mengatur kadar kolesterol dalam tubuh. Biji-bijian utuh juga mampu mengontrol kadar gula darah, sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Gula darah yang rendah dapat membuatmu terhindar dari komplikasi diabetes, salah satunya penyakit jantung. Biji-bijian juga merupakan sumber protein yang tepat dan tidak mengandung lemak jahat.

Kamu bisa memilih biji-bijian yang bebas gluten karena gluten dapat memicu penyakit jantung dan penyumbatan arteri. 

11. Zaitun

Makanan sehat untuk jantung berikutnya yaitu buah zaitun, buah zaitun juga memiliki khasiat tersendiri dalam mendukung kesehatan jantung. Baik buahnya maupun minyak zaitunnya baik untuk dikonsumsi oleh kamu yang memiliki penyakit jantung.

Minyak zaitun diperoleh dari buah zaitun yang dihancurkan. Mungkin kamu akan lebih sering menemui minyak zaitun. Karena minyak zaitun dapat kamu gunakan sebagai pengganti minyak sayur biasa.

Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal dan antioksidan yang berfungsi untuk mengeluarkan kolesterol jahat dari dalam tubuh sehingga kondisi jantung menjadi lebih baik.

BACA JUGA:Anak Muda Wajib Waspada, Ini Dia Penyebab dan Gejala Gagal Jantung Usia Muda

Tidak hanya itu, buah zaitun juga mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Kamu juga bisa mengkonsumsi buah zaitun sebagai salah satu bahan salad. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: