Waspada! Ternyata Inilah 6 Jajanan Pasar Penyebab Kolesterol Naik yang Harus Dihindari

Waspada! Ternyata Inilah 6 Jajanan Pasar Penyebab Kolesterol Naik yang Harus Dihindari

jajanan pasar penyebab kolesterol --freepik.com/freestockcenter

2. Risoles

Jajanan pasar penyebab kolesterol selanjutnya adalah kolesterolo. Risoles adalah jajanan pasar yang berbentuk bulat dan biasanya berisi isian seperti daging cincang atau sayuran.

Sayangnya, risoles juga termasuk dalam kategori jajanan pasar tinggi kolesterol.

Isian daging dan proses penggorengan membuatnya mengandung lemak jenuh yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

3. Lemper

Lemper merupakan makanan tradisional yang lezat dan banyak dijumpai di pasar-pasar. Sayangnya, di balik rasanya yang lezat, lemper juga mengandung kolesterol yang tinggi. Makanan ini terbuat dari beras ketan yang diisi dengan daging ayam yang ditumbuk halus.

Proses pembuatannya pun umumnya menggunakan minyak untuk menggorengnya, sehingga membuatnya mengandung lemak jenuh yang tinggi.

BACA JUGA:4 Ide Jajanan Sehat untuk Diet Anti Menimbun Lemak, Beserta Resep dan Cara Memasaknya di Rumah

BACA JUGA: Duh, Masih Banyak Jajanan Sekolah Berbahaya

4. Onde-onde

Jajanan pasar penyebab kolesterol selanjutnya adalah onde-onde. Onde-onde adalah jajanan pasar berbentuk bulat yang biasanya terbuat dari tepung ketan yang digulung dengan gula merah.

Selain rasanya yang manis dan kenyal, onde-onde juga memiliki kandungan kolesterol yang tinggi. Hal ini dikarenakan proses penggorengannya yang menggunakan minyak panas, sehingga menyerap minyak secara berlebihan.

5. Kue Mangkuk

Kue mangkuk merupakan jajanan pasar yang memiliki tekstur lembut dan rasa yang manis.

Namun, sama seperti kue-kue lainnya, kue mangkuk juga mengandung bahan-bahan seperti tepung beras, santan, dan gula aren yang kaya akan lemak tak jenuh dan kolesterol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: