Inilah 8 Makanan untuk Penderita Kolesterol Tinggi yang Wajib untuk Diketahui

Inilah 8 Makanan untuk Penderita Kolesterol Tinggi yang Wajib untuk Diketahui

makanan untuk penderita kolesterol tinggi --freepik.com/freepik

7. Buah-buahan

Buah-buahan juga merupakan salah satu makanan untuk penderita kolesterol yang tidak boleh ditinggalkan.

Hal ini karena buah dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Jenis buah yang dimaksud antara lain alpukat, stroberi, anggur, jeruk, dan apel.

8. Makanan yang diperkaya dengan stanol dan sterol

Stanol dan sterol adalah senyawa tanaman yang dikenal efektif menurunkan kadar kolesterol jahat dengan cara menghambat penyerapan kolesterol dalam usus.

Kedua senyawa ini sebenarnya dapat diperoleh dari minyak nabati, biji-bijian, kacang-kacangan, serta sayuran dan buah-buahan, namun kadarnya masih belum mencukupi untuk menghambat penyerapan kolesterol secara optimal.

Oleh karena itu, penderita kolesterol dapat memenuhi kebutuhan sterol dan stanol dari produk makanan yang diperkaya dengan senyawa tersebut, seperti margarin, jus jeruk, yogurt, dan sereal.

Selain mengonsumsi makanan di atas, penderita kolesterol tinggi juga perlu menerapkan gaya hidup sehat untuk mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh, seperti berolahraga secara teratur, membatasi konsumsi minuman beralkohol, dan tidak merokok.

Penderita kolesterol tinggi juga perlu menghindari konsumsi makanan tinggi lemak jenuh, seperti daging berlemak, susu berlemak dan produk olahannya, makanan cepat saji, makanan olahan, dan makanan yang digoreng, karena dapat meningkatkan kolesterol dalam darah.

Dengan menerapkan pola hidup sehat dan rutin mengonsumsi makanan untuk penderita kolesterol, diharapkan kadar kolesterol dapat turun dan tetap stabil sehingga terhindar dari penyakit berbahaya, seperti serangan jantung dan stroke.

Namun, jika kadar kolesterol  tetap tinggi setelah 3 bulan menerapkan pola makan dan gaya hidup sehat, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan.

BACA JUGA:Bumil Wajib Tahu! Inilah Makanan Penurun Kolesterol untuk Ibu Hamil yang Dapat Dicoba Seahri-hari

BACA JUGA:Lebih Baik Hindari, 9 Makanan Penyebab Kolesterol Tinggi

Itulah beberapa jenis makanan untuk penderita kolesterol tinggi yang baik dikonsumsi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: