Jumlah Kecelakaan Lalulintas di Kabupaten Batang Sepanjang 2023 Meningkat Dibanding 2022, Korban Jiwa Menurun

Jumlah Kecelakaan Lalulintas di Kabupaten Batang Sepanjang 2023 Meningkat Dibanding 2022, Korban Jiwa Menurun

Kapolres Batang AKBP Saufi Salamun menggelar Konferensi Pers Akhir Tahun 2023, di Mapolres setempat, Minggu 31 Desember 2023.-Dony Widyo -

BATANG - Jumlah kecelakaan lalulintas yang terjadi di wilayah hukum Polres Batang pada tahun 2023, mengalami kenaikan dibandingkan tahun sebelumnya. Sedangkan untuk korban jiwa mengalami penurunan.

"Untuk kecelakaan lalulintas yang terjadi di jalur Pantura, jalan tol maupun jalan alteri yang ada di Kabupaten Batang tahun ini meningkat dibandingkan tahun kemarin," ungkap Kapolres Batang AKBP Saufi Salamun dalam Konferensi Pers Akhir Tahun 2023, di Mapolres setempat, Minggu 31 Desember 2023.

Kapolres menjelaskan, sepanjang tahun 2023, ada 519 kejadian kecelakaan lalulintas. Untuk korban jiwa mencapai 140 orang , satu korban luka berat, dan 525 luka ringan..

Sedangkan sepanjang tahun 2022 tercatat ada 510 kejadian kecelakaan, namun jumlah korban meninggal mencapai 154 jiwa.

BACA JUGA:Jaga Pemilu Aman, Bakesbangpol Jateng Gandeng Aliansi Bela Garuda Batang Minimalisir Hoax dan Ujaran Kebencian

"Angka kecelakaan lalulintas didominasi oleh kendaraan roda dua, terutama terjadi di jalur Pantura dan beberapa jalan alteri di sejumlah Kecamatan. Sedangkan untuk di jalan tol, kendaraan pribadi dan mobil besar mendominasi statistik kecelakaan," terang Kapolres didampingi Wakapolri Komjen Raharja.

Berdasarkan kajian dan analisa yang dilakukan jajaran Satlantas Polres Batang, peningkatan angka kecelakaan pemicu utamanya yaitu faktor kelalaian pengendara dan ketidakpatuhan terhadap aturan lalulintas.

"Kabupaten Batang dilalui jalur Pantura dan jalan tol terpanjang di Jawa Tengah, sehingga perlu kesadaran dan kewaspadaan dari para saat berkendara di jalan raya. Seperti di jalan tol, mayoritas kecelakaan tabrak belakan, akibat kurangnya kewaspadaan dan kehati-hatian saat mengemudikan kendaraan," terang Kapolres.

AKBP Saufi Salamun menambahkan, untuk mengurangi angka kecelakaan, Polres Batang bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk stakeholder terkait. 

Termasuk memberikan himbauan agar pengguna jalan mentaati peraturan lalulintas, termasuk batas kecepatan di jalan tol, dan selalu meningkatkan kewaspadaan serta kehati-hatian saat di jalan.

"Kita terus memberikan imbauan melalui media sosial maupun secara langsung kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati dalam berkendara. Jika merasa lelah atau tidak fit, beristirahatlah. Mengingat Kabupaten Batang merupakan titik lelah jalur kendaraan di pulau Jawa," tandas Kapolres. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: