Dijamin Berhasil! Lakukan 4 Trik Psikologi Agar Lawan Bicara Nyaman Saat Berkomunikasi Denganmu

Dijamin Berhasil! Lakukan 4 Trik Psikologi Agar Lawan Bicara Nyaman Saat Berkomunikasi Denganmu

Trik psikologi agar lawan bicara nyaman--freepik.com

Namun, kamu juga harus memperhatikan porsi dari trik ini. Pastikan kamu tidak berlebihan dan membuat lawan bicaramu justru tidak nyaman.

Buat Mereka Merasa Didengar

Poin kunci dari komunikasi adalah mendengarkan. Bukan hanya membuatmu paham betul denga napa yang sedang dibicarakan, mendengarkan juga akan membuat lawan bicaramu merasa dihargai. Kamu menunjukkan bahwa apa yang dibicarakan oleh lawan bicaramu adalah penting dan menarik.

Namun, banyak orang yang kesulitan untuk mendengarkan karena hanya ingin terus membicarakan tentang dirinya. Atau di lain kasus, banyak yang sudah mendengarkan, namun hanya untuk sekadar kepo, bukan untuk memahami lawan bicara.

Maka, pastikan kamu benar-benar mendengarkan apa yang diucapkan oleh lawan bicara agar membuatnya nyaman. Cobalah untuk fokus dan tatap mata mereka saat sedang mengobrol. Dengarkan untuk memahami, bukan dengarkan hanya sekadar untuk membalas.

BACA JUGA Ada Aturannya! Ini 6 Contoh Etika Komunikasi yang Harus Kamu Taati Jika Tidak Ingin Terjadi Keributan

Tunjukkan Ketertarikan

Terakhir, trik psikologi agar lawan bicara nyaman yang bisa kamu praktikkan adalah dengan menunjukkan ketertarikanmu kepadanya.

Bersikaplah antusias dengan apa yang mereka katakana. Meski terlihat sederhana, percayalah bahwa ini akan sangat berguna dalam usahamu membuat orang lain nyaman,

Jika kamu ingin memiliki relasi yang baik dengan lawan bicaramu ini, maka pastikan kamu menunjukkan bahwa kamu menyukai mereka.

Hal ini berlaku dalam semua bentuk hubungan baik yang ingin kamu bangun, mulai dari persahabatan, percintaan, profesional, dan lainnya,

Namun, tentu saja kamu tidak boleh berlebihan.

Untuk menunjukkan bahwa kamu tertarik atau menyukai lawan bicara pun tidak harus diutarakan secara eksplisit. Ada banyak cara yang bisa menunjukkan bahwa kamu tertarik dengan mereka.

Contohnya bersikap antusias saat lawan bicara membagikan ide dan menyetujui opini yang mereka bagikan dan sejalan dengan pemahamanmu.

Tidak hanya membuat lawan bicara merasa nyaman, ini juga merupakan sebuah sikap menghormati orang lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: