5 Manfaat Komunikasi yang Sehat Ini Bantu Kamu Menciptakan Hubungan Harmonis

5 Manfaat Komunikasi yang Sehat Ini Bantu Kamu Menciptakan Hubungan Harmonis

Manfaat komunikasi yang sehat--freepik.com

Memahami dan Menjaga Perasaan

Manfaat komunikasi yang sehat selanjutnya adalah menciptakan pribadi yang saling memahami dan menjaga perasaan. Ini karena komunikasi yang sehat bersifat transparan, termasuk tentang perasaan.

Ketika seseorang telah mengungkapkan dan mengomunikasikan perasaannya secara gamblang, maka besar kemungkinan pasangannya akan memahami dan mengetahui bagaimana dia harus bersikap.

Akan berbeda jika orang memendam perasaannya dan enggan berbagi dengan pasangan. Yang terjadi adalah kebingungan hingga berujung perlakuan yang salah yang kemudian bisa melukai perasaan satu sama lain.

Kamu perlu memiliki komunikasi yang sehat jika ingin dihargai perasaannya oleh pasanganmu dan sebaliknya, menghargai perasaan pasanganmu juga.

Membangun Perasaan Nyaman

Komunikasi merupakan media untuk berinteraksi, di mana komunikasi yang sehat secara otomatis akan menciptakan sebuah interaksi yang sehat pula.

Kamu akan merasa nyaman berhubungan dengan orang lain ketika komunikasi yang terjadi di antara kalian berjalan dengan baik dan sehat tanpa ada ketegangan. Rasa nyaman ini bisa kamu bangun dengan banyak-banyak berkomunikasi dan selalu meluangkan waktu untuk bertukar pikiran atau perasaan dengn pasanganmu.

Ketika kamu merasa bahwa pasanganmu cenderung tidak nyaman menghabiskan waktu bersamamu untuk sekadar berbincang, maka kamu harus melakukan penilaian mendalam tentang apakah komunikasi kalian bermasalah. 

Jangan sepelekan situasi tersebut dan segera bertindak ketika ketidaknyamanan sudah menghantui hubunganmu.

BACA JUGA 4 Manfaat Komunikasi Efektif dalam Keseharian, Sangat Berguna untuk Kehidupan Sosialmu!

Perantara untuk Saling Mengenal

Manfaat komunikasi yang sehat terakhir yang akan dibahas di artikel ini yang kaitannya dengan hubungan harmonis adalah perannya untuk membuat kamu dan pasanganmu mengenal satu sama lain dengan mendalam.

Dengan komunikasi, kamu bisa bertukar informasi tentang dirimu dengan pasanganmu, sehingga kalian bisa saling mengenal lebih dalam. Tanpa adanya komunikasi, kamu bisa jadi mencari tahu informasi tentang pasanganmu dari orang lain dan itu cenderung dekat dengan misinformasi dan disinformasi.

Itulah beberapa manfaat komunikasi yang sehat dalam menciptakan hubungan yang harmonis. Jika kamu ingin memiliki hubungan yang berkualitas, jangan lupa untuk menciptakan pola komunikasi yang sehat dengan pasanganmu juga, ya! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: