5 Tips Komunikasi untuk Menghadapi Silent Treatment, Jangan Biarkan Konflik Berlarut-larut

5 Tips Komunikasi untuk Menghadapi Silent Treatment, Jangan Biarkan Konflik Berlarut-larut

Tips komunikasi untuk menghadapi silent treatment--freepik.com

Sampaikan permintaan maaf jika memang kamu memiliki kesalahan dalam konflik yang sedang terjadi di antara kalian. Pun ketika dia tetap enggan berbicara kepadamu setelahnya, jangan paksa dia. Yang perlu kamu lakukan adalah dengan menanyakan kepadanya kapan kira-kira kalian bisa berbicara.

Menawarkan Jalan Keluar

Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan dalam rangkaian tips komunikasi untuk menghadapi silent treatment adalah dengan menawarkan solusi kepadanya. Namun, pastikan kamu tidak menggurui.

Posisikan dirimu sebagai pendengar yang baik dan biarkan dia menyampaikan apa pun yang mengganjal di dalam hatinya, sehingga kamu bisa memahami apa sebenarnya alasan di balik perilaku silent treatment-nya ini.

Pastikan pula kamu mengajaknya berbicara secara tatap muka dan hindari komunikasi tidak langsung, karena itu sangat rawan menciptakan kesalahpahaman.

Pastikan Bahwa Kamu Peduli Padanya

Jangan hanya mengatakan bahwa kamu ingin agar persoalan di antara kalian bisa segera diselesaikan. Jangan pula hanya berfokus membahas bahwa situasi ini sangat menyakitimu. Akan tetapi, ungkapkan pula bahwa kamu tidak ingin pasanganmu tersakiti karena situasi ini.

Tunjukkan bahwa kamu siap mendengarkan ceritanya kapan saja. Kamu juga bisa menawarkan bantuan padanya.

Tetapkan Batasan yang Sehat

Kamu tidak pantas diperlakukan dengan semena-mena, termasuk oleh pasanganmu. Oleh karenanya, kamu perlu menetapkan batasan yang jelas yang tidak bisa dilanggar dengan seenaknya oleh pasanganmu.

Katakan bahwa perilaku silent treatment ini membuatmu tidak nyaman dan itu menyakitimu. Tegaskan pula kepadanya bahwa silent treatment bukanlah hal yang bisa kamu toleransi dalam hubungan kalian.

Namun, pastikan kamu menyampaikannya dengan perlahan dan jangan menyalahkannya atau melakukan konfrontasi kepadanya. Karena, tips komunikasi untuk menghadapi silent treatment yang baik adalah bertujuan untuk menyelesaikan masalah tanpa memunculkan konflik lain.

BACA JUGA Hubungan Bisa Terancam! Ini 5 Alasan Pentingnya Komunikasi dalam Hubungan LDR, Agar Terhindar dari Konflik

Utamakan Dirimu Sendiri

Dalam usahamu untuk membuatnya mau berbicara, jangan sampai kamu mengesampingkan dirimu sendiri. Sebab, silent treatment bisa sangat berdampak pada keadaan psikismu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: