Lakukan 5 Hal Ini untuk Memberikan Respons Saat Temanmu Curhat, Jangan Sampai Memperburuk SItuasi!

Lakukan 5 Hal Ini untuk Memberikan Respons Saat Temanmu Curhat, Jangan Sampai Memperburuk SItuasi!

Memberikan respons saat temanmu saat curhat--freepik.com

Kamu juga perlu untuk memperhatikan bahasa tubuhmu selama mendengarkan maupun saat merespons cerita dari sahabatmu.

Pastikan kamu tidak menunjukkan gestur meremehkan, karena terkadang orang menganggap remeh curhatan sahabatnya.

Sebaliknya, tunjukkan bahasa tubuh yang mewakili antusiasme ketika kamu memberikan respons saat temanmu curhat.

Pahami bahwa Kamu Tidak Harus Menyelesaikan Masalahnya

Ketika kamu sudah menengarkan dengan sungguh-sungguh, tetapi masih tidak mampu memikirkan solusi yang tepat, bukan berarti kamu gagal dalam memberikan respons saat temanmu curhat.

Sebab pada kenyataannya, memang bukan tanggung jawabmu untuk memberikan solusi atas persoalan sahabatmu. Satu hal yang pasti, saat sahabatmu mempercayaimu untuk mendengarkan ceritanya, maka cobalah untuk berempati kepadanya.

Jangan terus-terusan khawatir bahwa kamu tidak mampu memberikan saran. Lebih baik jujurlah bahwa kamu tidak mampu membantunya menemukan jalan keluar, dan katakana pula bahwa kamu memahami betul bahwa persoalan temanmu bukanlah hal yang sepele.

Minta Saran Kepada Orang Lain

Jika kamu merasa benar-benar ingin membantu temanmu dengan memberikan respons saat temanmu curhat, maka tidak masalah untuk meminta saran dari orang lain yang kamu percaya.

Akan tetapi, ingatlah bahwa ini adalah persoalan temanmu dan merupakan privasi mereka. Maka, jangan sampai kamu melanggar privasinya ketika meminta saran kepada orang lain.

Akan lebih baik jika kamu meminta izin kepada temanmu untuk membagikan ceritanya sebagai upaya dalam menemukan solusi bersama.

Namun, jika hal tersebut tidak memungkinkan untuk dilakukan, maka kamu bisa menyamarkan identitas temanmu saat meminta saran kepada orang lain.

BACA JUGA 5 Tips Komunikasi untuk Menghadapi Silent Treatment, Jangan Biarkan Konflik Berlarut-larut

Jangan Bereaksi Sebelum Memahami Pola Cerita

Kamu tidak bisa memberikan respons saat temanmu curhat dengan baik jika tidak jeli pada pola cerita yang disampaikan oleh temanmu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: