Inilah 4 Cara Meningkatkan Insulin untuk Mengendalikan Gula Darah Agar Kita Bisa Terhindar dari Diabetes!

Inilah 4 Cara Meningkatkan Insulin untuk Mengendalikan Gula Darah Agar Kita Bisa Terhindar dari Diabetes!

cara meningkatkan sensitivitas insulin untuk mengendalikan gula darah-ilustrasi cara meningkatkan sensitivitas insulin untuk mengendalikan gula darah-freepik.com

Terdapat beberapa penelitian yang menghubungkan kualitas tidur yang buruk dengan turunnya sensitivitas insulin.

Bahkan, ada salah satu penelitian yang membandingkan durasi tidur pada orang sehat menemukan bahwa mereka yang hanya tidur 4 jam salam satu malam mengalami penurunan sensitivitas insukin dibandingkan mereka yang tidur 8,5 jam sehari.

2. Olahraga Secara Rutin

Bagi kalian yang malas olahraga, sebaiknya kalian rubah hal tersebut dengan rutin berolahraga. Sebab, olahraga yang teratur dapat menjadi salah satu cara terbaik dalam meningkatkan sensitivitas insulin.

BACA JUGA:Inilah 5 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Dewasa hingga Lansia yang Wajib Diketahui!

BACA JUGA:Kakek Nenek Wajib Tahu! Inilah 5 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan Rambut Lansia Usia 50 Tahun ke Atas

Olahraga atau aktivitas fisik membantu memindahkan gula ke dalam otot sebagai cadangan energi. Sehingga kadar gula dalam darah bisa diturunkan, sekaligus meningkatkan sensitivitas insulin.

Efek olahraga terhadap sensitivitas insulin ini berlangsung 2-48 jam, tergantung jenis aktivitasnya.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bersepeda statis selama 60 menit dengan kecepatan sedang, dapat meningkatkan sensitivitas insulin selama 48 jam. 

Ada juga penelitian lain yang menemukan pria yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas dengan maupun tanpa diabetes, ketika diminta menjalani latihan ketahanan selama 3 bulan, semuanya mengalami peningkatan sensitivitas insulin.

BACA JUGA:Perhatikan! 3 Cara Mengonsumsi Daun Jambu Biji yang Aman untuk Lambung dan Cocok untuk Semua Kalangan Usia

BACA JUGA:3 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Lambung yang Harus Kamu Tahu

Jadi, selain olahraga yang teratur, penting bagi kalian untuk menjaga berat badan agar tetap ideal agar kalian bisa mengurangi risiko diabetes, baik itu diabetes tipe 1 maupun 2.

Untuk itulah, penting bagi kalian untuk selalu berolahraga secara teratur atau bila perlu menggabungkan latihan aerobik dan ketahanan untuk meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh.

3. Kurangi Stres

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: