Inilah 4 Cara Meningkatkan Insulin untuk Mengendalikan Gula Darah Agar Kita Bisa Terhindar dari Diabetes!

Inilah 4 Cara Meningkatkan Insulin untuk Mengendalikan Gula Darah Agar Kita Bisa Terhindar dari Diabetes!

cara meningkatkan sensitivitas insulin untuk mengendalikan gula darah-ilustrasi cara meningkatkan sensitivitas insulin untuk mengendalikan gula darah-freepik.com

Tahukah kalian bahwa stres dapat mempengaruhi kemampuan tubuh dalam mengatur kadar gula darah?

Ya, stres ini mampu memicu hormon produksi kortisol dan glukagon yang dapat memecah glikogen yakni cadangan gula yang tersimpan di dalam tubuh menjadi glukosa.

BACA JUGA:Cegah Purin Tinggi, Inilah Khasiat Daun Pandan untuk Kesehatan Tubuh Lansia Usia 60 Tahun

BACA JUGA:Wajib Tahu! Inilah 6 Manfaat Rebusan Daun Pandan dan Jahe Merah Jika Dikonsumsi oleh Pria Usia 50 tahun ke Ata

Glukosa kemudian memasuki aliran darah untuk digunakan tubuh sebagai sumber energi yang cepat.

Sayangnya, stres yang terus menerus berlangsung membuat kadar hormon stres tetap tinggi, sehingga merusak regulasi aliran nutrisi sekaligus meningkatkan gula darah.

Selain itu, stres ini juga dapat membuat tubuh lebih resisten dengan insulin karena ketika mengalami kondisi tersebut secara tidak langsung dapat mencegah nutrisi yang disimpan dan membuatnya lebih banyak tersedia dalam aliran darah.

Bahkan, ada banyak penelitian yang menemukan bahwa kadar hormon stres yang melonjak naik juga dapat mengurangi sensitivitas insulin.

BACA JUGA:Ini Dia 6 Manfaat Minum Rebusan Daun Pandan dan Jahe Sebelum Tidur yang Wajib Kalian Ketahui!

BACA JUGA:Inilah Manfaat Rebusan Daun Pandan dan Jahe untuk Lansia usia 60 Tahun ke Atas yang Wajib Diketahui!

4. Mengonsumsi Makanan Kaya Akan Serat Larut

Selain melakukan olahraga, kalian juga perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan serat larut. Hal ini dikarenakan, makanan yang kaya akan serat laru dapat meningkatkan sensitivitas insulin.

Serat larut ini juga dapat membantu memberi makan bakteri baik pada usus yang mana juga dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: