6 Jenis Vitamin untuk Puasa Agar Badan Fit yang Wajib Dikonsumsi! Tubuh Sehat Aktivitas Lancar

6 Jenis Vitamin untuk Puasa Agar Badan Fit yang Wajib Dikonsumsi! Tubuh Sehat Aktivitas Lancar

jenis vitamin untuk puasa agar badan fit -ilustrasi kumpulan vitamin untuk puasa agar badan fit -Freepik.com

BACA JUGA:Daftar 6 Buah Penurun Gula Darah yang Aman untuk Penderita Kencing Manis agar Ginjal dan Jantung Tetap Sehat

2. Vitamin B

Ada banyak vitamin B yang dapat memenuhi nutrisi dalam tubuh saat puasa. Sebagian besar vitamin B tersebut berfungsi untuk memecah zat gizi dari makanan dan melepaskannya dalam bentuk energi.

Sehingga, kalian bisa mendapatkan cadangan tenaga untuk melakukan aktivitas. Maka dari itu, kalian tentunya perlu mengonsumsi vitamin B saat puasa agar kegiatan sehari-hari tetap lancar tanpa takut kehilangan energi.

Secara khusus, vitamin B6 atau pirodoksin akan mengolah protein dan karbohidrat dari asupan makanan menjadi energi, lalu tubuh akan menggunakannya atau menyimpannya menjadi cadangan tenaga.

Vitamin B6, asam folat, dan vitamin B12 juga menjaga jumlah sel darah merah. Dalam hal ini, vitamin B6 bekerja dengan cara membentuk hemoglobin. Sementara itu, asam folat dan vitamin B12 membantu menjaga sel darah merah agar ukurannya tidak terlalu besar. 

Saat sel-sel darah merah terlalu besar, ternyata hal ini membuat jumlahnya berkurang. Artinya, sel darah merah membawa hemoglobin yang lebih sedikit sehingga tubuh pun rentan mengalami anemia.

BACA JUGA:Atasi Kencing Manis! Inilah 5 Buah untuk Menurunkan Gula Darah Tinggi yang Wajib Dikonsumsi

BACA JUGA:Inilah 4 Obat Herbal untuk Mengatasi Kencing Manis yang Wajib Diketahui! Cegah Gula Darah Naik dari Sekarang

3. Vitamin C

Jenis vitamin untuk puasa agar badan fit yang selanjutnya adalah vitamin C.

Jenis vitamin ini membuat kekebalan tubuh lebih kuat dengan cara meningkatkan sel darah putih yang menjadi pasukan utama dalam menyerang bakteri dan zat asing. Hal ini tentunya akan membuat kalian tidak akan mudah terserang penyakit saat puasa.

Selain itu, vitamin C membantu penyerapan asupan zat besi. Mineral yang satu ini berguna untuk menghasilkan hemoglobin pada sel darah merah. 

Jika tubuh kekurangan zat besi, tubuh mengalami kekurangan hemoglobin sehingga mengalami anemia. Salah satu gejala anemia yang sangat mengganggu saat berpuasa adalah rasa lemas.

BACA JUGA:Inilah 4 Ciri Ciri dan Gejala Umum Kencing Manis yang Bisa Dikenali Sejak Dini, Wajib Diwaspadai!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: