Tingkatkan Keterampilan, Pemkot Pekalongan Gelar Pelatihan Kerja Kewirausahaan di Masing-masing Kelurahan

Tingkatkan Keterampilan, Pemkot Pekalongan Gelar Pelatihan Kerja Kewirausahaan di Masing-masing Kelurahan

Pelatihan- Pelatihan kerja kewirausahaan yang tengah berlangsung di Kelurahan Bendan Kergon, Selasa (2/7/2024).-FOTO-Dwi Fusti Hana Pertiwi

Radarpekalongan.co.id - Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) setempat, pada tahun 2024 ini akan menyelenggarakan kegiatan pelatihan kerja kewirausahaan bagi masyarakat Kota Pekalongan melalui 27 Kelurahan.

BACA JUGA:Festival Ragam Kuliner Pantura 2024 Bakal Hadir di Pekalongan, Catat Tanggalnya

Sekertaris Dinperinaker Kota Pekalongan, Ninik Murniasih mengatakan bahwa pelatihan kerja kewirausahaan ini bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun anggaran 2024, yang nantinya akan dilakukan secara singkat secara bertahap di 27 Kelurahan se-kota Pekalongan, yang dimulai sejak tanggal 1 Juli hingga 27 Agustus 2024 mendatang.

BACA JUGA:Bupati Fadia Arafiq Sambut Kepulangan Jamaah Haji Kabupaten Pekalongan

“Kami berkeliling di 27 Kelurahan, pelatihan ini kami sebut dengan pelatihan singkat karena dilaksanakan selama 2 hari di tiap Kelurahan," ujar Ninik, saat membuka pelatihan kerja kewirausahaan di Kelurahan Bendan Kergon, Selasa (2/7/2024).

BACA JUGA:Meriahkan Hari Bhayangkara Ke-78, Polres Pekalongan Gelar Turnamen Sepakbola Kapolres Cup 2024

Dan nantinya dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan kerja ini, akan melibatkan 40 warga dengan usia produktif di setiap kelurahan untuk menjadi peserta.

Nanik menjelaskan, setiap kelurahan akan diberikan keterampilan yang berbeda disesuaikan dengan permintaan atau masukan dari masyarakat setempat. Bahkan tidak hanya materi kompetensi, peserta juga diberikan materi tentang manajemen berwirausaha dan pembuatan AK1. 

BACA JUGA:Hari Bhayangkara Ke-78, Polsek Lebakbarang Santuni Anak Yatim Piatu

“Untuk jenis pelatihan berbeda-beda sebagai contoh di Kelurahan Pringrejo diberikan pelatihan bucket, roti dan masakan sedangkan hari ini di Bendan Kergon diberikan pelatihan merajut, desain dan kemasan produk," jelas dia.

BACA JUGA:Dr. Rindiansyah Ditetapkan Sebagai Bakal Caketum KONI Kabupaten Pekalongan

"Bahkan, ada juga yang hantaran dan pembuatan tas, kita sesuaikan dengan permintaan yang ada. Lalu, kami carikan instruktur yang kompeten di bidang tersebut,” imbuh dia.

BACA JUGA:Liburan Seharian di Semarang? Berikut 5 Rekomendasi Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi Solo Traveler

Melalui pelatihan kerja kewirausahaan ini, pihaknya berharap materi pelatihan yang diberikan kepada masyarakat sebagai upaya untuk menurunkan angka pengangguran dan menciptakan lapangan kerja baru dapat ditangkap dengan baik oleh masyarakat Kota Pekalongan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: