Nggak Bikin Tersiksa! Ini Dia 7 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Ketat

Nggak Bikin Tersiksa! Ini Dia 7 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Ketat

Jam makan teratur, salah satu cara menurunkan berat badan tanpa diet ketat-Image by Freepik-

3. Olahraga Ringan

Biasakan tubuhmu untuk rutin melakukan aktivitas gerak. Tidak perlu langsung mengambil jenis olahraga yang berat, karena ini akan membuat tubuhmu kaget dan trauma.

Mulai saja dari pergerakan ringan seperti memilih menggunakan sepeda daripada kendaraan bermotor untuk ke tempat yang jaraknya terjangkau. Bisa juga dengan melakukan olahraga ringan seperti pemanasan di pagi hari, atau gerakan-gerakan senam secara rutin.

Hal ini akan mendukung tubuh dalam proses pembakaran kalori, yang akan mempercepat penurunan berat badan. Selain itu olahraga secara teratur juga sangat baik untuk menjaga kesehatan organ-organ tubuh.

4. Istirahat Cukup

Beberapa organ tubuh lebih aktif melakukan metabolisme saat kita sedang terlelap. Maka penting mengatur jadwal tidur yang teratur sehingga membuat metabolisme tubuh juga berjalan dengan baik.

Adanya proses metabolisme yang tidak teratur dapat menyebabkan penumpukan lemak dan memicu kenaikan berat badan. Rata-rata orang dewasa perlu tidur 7-8 jam sehari, agar memiliki sistem metabolisme yang baik.

Selain itu, saat terlelap dapat membantu orang untuk mengurangi asupan kalori. Hal ini dikarenakan ketika tubuh mengalami kurang tidur dapat berdampak pada hormon utama yang mengontrol rasa lapar dan kenyang.

5. Mengelola Stres

Hindari terlalu overthinking terhadap sesuatu, karena ini malah akan membuat stres. Termasuk terlalu memikirkan target penuruanan berat badan. 

Penting untuk menghindari hal-hal yang dapat menimbulkan stres secara berlebihan. Karena akan mempengaruhi pola makan, dan kalori yang dikonsumsi.

BACA JUGA:Tips Menu Diet Sehat Kaya Nutrisi, Seminggu Bisa Turun 10 Kg

Saat stres, akan meningkatkan hormon yang menyebabkan penumpukan lemak berlebih juga meningkatkan rasa lapar. Itu sebabnya, sebagian orang melampiaskan stres lewat makanan. Hal ini tentu akan merusak pola makan sehat, dan malah menambah berat badan.

Karena ada beberapa orang yang ketika stres cenderung memiliki nafsu makan lebih banyak. Dan pelampiasan makanan ketika stres biasanya adalah makanan yang tidak sehat seperti coklat, es krim, dan junk food.

6. Kurangi Ngemil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: