Berenang: Salah Satu Olahraga Menguruskan Badan yang Bisa Bikin Tinggi, Benar Ga Nih?

Berenang: Salah Satu Olahraga Menguruskan Badan yang Bisa Bikin Tinggi, Benar Ga Nih?

olahraga menguruskan badan-freepik.com-freepik.com

Manfaat yang berikut ini berkaitan dengan manfaat yang sebelumnya, saat kalori berkurang dari tubuh kita, ternyata akan berdampak pada penurunan berat badan. 

Saat berenang dengan benar menggunakan gaya kupu-kupu saja, ternyata dapat membakar sekitar 150 kalori dalam durasi 10 menit pada orang dewasa dengan berat 73,5 Kg. 

Bahkan berenang dianggap setara dengan jogging maupun jalan cepat dalam urusan pembakaran kalori yang dapat menyebabkan penurunan berat badan. 

BACA JUGA:Bolehkah Ngemil Dark Chocolate untuk Diet? Berikut 5 Manfaatnya, Ternyata Bisa Menekan Nafsu Makan

3. Membangun massa otot

Selain dapat membakar kalori dan menurunkan berat badan, renang juga bermanfaat untuk membangun massa otot. Hal ini karena saat berenang tubuh akan melawan gravitasi. 

Sehingga seluruh bagian tubuh akan bekerja keras saat berenang agar tidak tenggelam. Saat inilah seluruh otot dikerahkan mulai dari otot bagian atas, otot inti, bagian bawah sampai otot punggung. 

Saat berenang paru-paru dan jantung juga bekerja lebih aktif dalam menyediakan sejumlah oksigen. Hal ini lagi-lagi membuat kalori yang terbakar menjadi lebih banyak. 

4. Menambah tinggi badan 

Manfaat terakhir yang satu ini sebenarnya masih membutuhkan cukup studi tambahan lagi. Hanya saja kenapa renang ini dianggap dapat membuat tubuh tambah tinggi, karena beberapa hal seperti berikut ini.

BACA JUGA:5 Manfaat Lompat Tali untuk Diet dan Cara Melakukannya Agar Tubuh Tumbuh ke Atas, Tidak ke Samping

Adanya pergerakan seluruh otot saat berenang, ternyata dapat membantu meningkatkan panjang otot tubuh. Tidak hanya itu, olahraga ini juga dapat melepas hormon yang mendukung pertumbuhan tinggi badan. 

Kemudian jika kamu benar-benar ingin mendapatkan beberapa manfaat seperti di atas, maka kamu bisa ikuti beberapa tips berikut ini supaya olahraga menguruskan badan ini bisa lebih efektif.

Tips Melakukan Olahraga Renang

1. Lakukan pemanasan dan pendinginan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: