Kapan Perlu Memulai Olahraga saat Hamil? Berikut Penjelasan Waktu yang Tepat Melakukan Olahraga saat Hamil

Kapan Perlu Memulai Olahraga saat Hamil? Berikut Penjelasan Waktu yang Tepat Melakukan Olahraga saat Hamil

Ilustrasi waktu yang tepat melakukan olahraga saat hamil.-Freepik.com-

Olahraga pada ibu hamil bisa dimulai sejak trimester pertama. Apalagi bagi para ibu yang ingin menjaga berat badan sejak awal kehamilan.

Namun seringkali juga banyak penyesuaian ibu di trimester pertama akibat adanya peralihan kondisi dari yang tadinya hanya menopang satu orang menjadi menopang dua kehidupan. Apalagi jika ini adalah kehamilan pertama.

Pasti ada banyak ibu yang memerlukan waktu penyesuaian awal kehamilan. Belum lagi jika memiliki kondisi awal kehamilan yang berat.

Anda bisa menunda waktu olahraga fisik tambahan untuk lebih fokus dan berkonsentrasi pada masa awal kehamilan.

BACA JUGA:Bolehkah Diet saat Hamil? Begini Cara Diet yang Aman Bagi Ibu Hamil untuk Mengatasi Kelebihan Berat Badan

BACA JUGA:Punya Keluhan Obesitas saat Hamil? Ini 5 Tips Diet Ibu Hamil Agar Nutrisi Tetap Terpenuhi dengan Baik

Nah bagi ibu yang memiliki kesulitan di trimester pertama, maka memasuki trimester kedua adalah waktu yang cukup tepat untuk mulai melakukan olahraga. Pada trimester kedua masa kehamilan sudah berada di pertengahan.

Tubuh sudah cukup beradaptasi dengan kondisi hamil, dan juga mulai perlu mempersiapkan kelancaran untuk proses persalinan nanti. Pastikan untuk memilih olahraga yang aman dan direkomendasikan oleh dokter. 

Jadi intinya, waktu paling tepat untuk mulai melakukan olahraga saat hamil adalah setelah Ibu siap dan menyadari betul kondisi kehamilan yang sedang dialaminya saat ini.

Kondisi ibu yang jauh lebih aware dengan kehamilannya akan menciptakan habbit atau kebiasaan yang baik selama kehamilan. Termasuk saat memutuskan untuk mulai berolahraga.

Bagi ibu yang siap dan merasa perlu melakukan olahraga dari awal kehamilan di trimester pertama, maka silakan memulai lebih awal sesuai dengan arahan dokter.

Dan bagi ibu yang mungkin mengalami masa sulit di trimester pertama sebagai bentuk penyesuaian kehamilan, maka melakukan olahraga rutin di trimester kedua adalah solusi yang tepat sembari mempersiapkan kelancaran dalam persalinan nanti.

Karena biasanya pada trimester kedua tingkat daya tahan tubuh ibu saat hamil sudah lebih bagus. Kondisi morning sickness seperti mual dan muntah sudah mulai berkurang, kondisi perut juga belum terlalu besar sehingga masih bisa bergerak dengan lebih leluasa.

BACA JUGA:Miliki Tubuh Ramping dengan Melakukan Olahraga Bulu Tangkis untuk Turunkan Berat Badan, Begini 3 Tekniknya

Nah itu tadi penjelasan seputar kapan waktu yang tepat untuk melakukan olahraga. Tentunya diri sendiri adalah yang paling tahu tentang kondisi dan kemampuan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: