Tips Komunikasi untuk Ekstrovert, Perhatikan 4 Hal Ini Agar Tidak Terlalu Mendominasi dan Terkesan Arogan

Tips Komunikasi untuk Ekstrovert, Perhatikan 4 Hal Ini Agar Tidak Terlalu Mendominasi dan Terkesan Arogan

Tips komunikasi untuk ekstrovert--freepik.com

Banyak mendengarkan akan mengurangi dominasimu dalam sebuah interaksi dan akan membuat orang lain senang berbicara denganmu karena merasa dilibatkan dalam pembicaraan kalian.

Selain bermanfaat bagi hubunganmu dengan orang lain, mendengarkan juga membawa dampak positif untuk perkembangan dirimu.

Dengan berbicara, kamu hanya mengulang apa yang sudah kamu ketahui. Tapi dengan mendengar, kamu akan mendapat lebih banyak informasi dari apa yang kamu ketahui sebelumnya.

Selain mendengarkan, coba belajar juga tanyakan pendapat orang lain, untuk melihat bagaimana persepsi mereka dan membangun juga komunikasi efektif.

Jangan Suka Menginterupsi

Terkadang, orang yang ekstrovert terlalu antusias dengan pembicaraan yang sedang berlangsung hingga tanpa sadar memotong perkataan orang lain untuk mengungkapkan pendapatnya sendiri. Akan tetapi, ini bukanlah hal yang baik.

Siapa pun itu tentu tidak akan senang jika ucapannya dipotong, termasuk dirimu. Oleh karenanya, tips komunikasi untuk ekstrovert yang bisa kamu terapkan adalah dengan menahan diri dari menginterupsi orang lain.

Biarkan mereka selesai dengan pendapatnya, baru kamu bisa menanggapi dengan sopan. 

Ingat, dengan memotong atau menghalangi orang lain berpendapat, kamu menghalangi ide-ide potensial juga. Karena itu, agar komunikasi efektif, biarkan orang lain menyelesaikan pesannya terlebih dahulu ya.

BACA JUGA Terkenal Pendiam dan Kamu, Ternyata Ada juga Kelebihan Introvert dalam Komunikasi yang Sangat Unik!

Belajarlah untuk Lebih Sensitif

Sensitivitas yang dimiliki oleh seseorang memang tidak boleh digeneralisasi begitu saja. Akan tetapi, kebanyakan ekstrovert biasanya kurang sensitive terhadap situasi tertentu yang berlangsung dalam komunikasi. Akibatnya, bisa jadi kamu mengucapkan sesuatu yang justru memperburuk keadaan.

Oleh sebabnya, kamu perlu belajar untuk lebih sensitif terhadap lingkungan, perasaan orang lain, timing, dan lainnya.

Perhatikan hal-hal tersebut saat kamu berbicara, sehingga kemungkinan kamu menyakiti hati orang lain, menyinggung, menciptakan keributan, dan hal lainnya dapat dihindari.

Itulah beberapa tips komunikasi untuk ekstrovert yang dapat kamu terapkan sehingga kamu memiliki komunikasi yang lebih sehat dalam hubungan sosialmu. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: