7 Pantangan Makanan bagi Penderita Asam Urat, Salah Satunya Minuman Bersoda, Dapat Memperparah Tubuh

7 Pantangan Makanan bagi Penderita Asam Urat, Salah Satunya Minuman Bersoda, Dapat Memperparah Tubuh

pantangan makanan bagi penderita asam urat--Youtube.com/Areykage

Namun, masih ada beberapa jenis makanan laut yang masih bisa dikonsumsi, seperti ikan dengan kandungan purin yang rendah, misalnya ikan salmon.

3. Jeroan

Organ dalam hewan seperti hati memiliki kadar purin yang cukup tinggi. Tidak hanya hati, organ-organ seperti usus, limpa, paru-paru, otak, jantung, dan ginjal juga perlu dihindari oleh mereka yang menderita asam urat.

4. Makanan Berlemak

Konsumsi makanan tinggi lemak dapat memicu peningkatan berat badan. Saat kamu kelebihan berat badan atau obesitas, tubuhmu memproduksi lebih banyak insulin. 

Peningkatan insulin ini dapat menghambat fungsi ginjal dalam mengeluarkan asam urat. Dengan demikian, pada akhirnya asam urat akan mengalami penumpukan dan mengendap di dalam tubuh.

5. Bayam

Bayam pada dasarnya merupakan makanan yang bermanfaat bagi kesehatan karena mengandung serat dan berbagai nutrisi. Meskipun demikian, bayam tidak dianjurkan untuk penderita asam urat.

Hal ini disebabkan tingginya kandungan purin dalam sayuran hijau ini, yang bisa berbahaya bagi penderita asam urat.

6. Minuman Beralkohol

Penderita asam urat yang mengonsumsi minuman beralkohol dapat menyebabkan peningkatan kadar asam urat.

Akibatnya, bagian yang terkena encok akan mengalami nyeri dan menyebabkan dehidrasi pada tubuh.

7. Minuman bersoda atau manis

Minuman manis tidak mengandung purin, tetapi masalah muncul pada minuman tinggi fruktosa, yang biasanya berasal dari sirup jagung.

Karena tubuh dapat memecah fruktosa menjadi purin, minuman bersoda yang mengandung fruktosa berpotensi menimbulkan risiko tinggi peningkatan kadar asam urat, demikian hasil penelitian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: