6 Tips Berkomunikasi dengan Orang yang Suka Berkata Kasar dan Menyakiti Hati, Jangan Terpancing!

6 Tips Berkomunikasi dengan Orang yang Suka Berkata Kasar dan Menyakiti Hati, Jangan Terpancing!

Berkomunikasi dengan orang yang suka berkata kasar--freepik.com

Tidak menutup kemungkinan bahwa dia merasa tidak ada yang salah dengan perilaku komunikasi tersebut, atau bahkan dia menganggap bahwa berkata kasar merupakan simbol kedekatan dengan seseorang.

Oleh karenanya, dalam berkomunikasi dengan orang yang suka berkata kasar, penting bagimu untuk mengatakan dengan jelas bahwa kamu merasa tidak nyaman dengan perkataan kasar tersebut. 

Tetapkan batasan secara jelas tanpa merendahkannya dengan meminta mereka untuk berkomunikasi secara lebih positif. Menetapkan batas adalah hakmu untuk menjaga kesejahteraan emosionalmu.

Sisihkan Ruang untuk Berbicara Secara Terbuka

Seperti di poin sebelumnya, telah disebutkan bahwa bisa jadi seseorang tidak menyadari dampak dari kalimatnya.

Dia hanya mengungkapkan emosi negatif dengan terlalu gamblang tanpa memperhatikan apakah ekspresinya itu bisa menyakiti orang lain.

Maka, sebagai salah satu berkomunikasi dengan orang yang suka berkata kasar, ciptakan ruang untuk berbicara secara terbuka dengan lawan bicaramu untuk menanyakan apakah ada sesuatu yang membuat mereka merasa kesal atau tidak puas.

Terkadang dengan bertanya, kamu dapat menemukan akar masalah yang sesungguhnya.

Lebih jauh lagi, kamu bisa mengajak lawan bicaramu untuk mencari cara yang lebih baik untuk mengungkapkan emosi negatif dalam dirinya.

Sertakan Humor

Nuansa komunikasi tentu akan berubah mencekam jika seseorang sudah berkata dengan kasar dan menyakiti hati lawan bicaranya.

Salah satu tips berkomunikasi dengan orang yang suka berkata kasar yang bisa kamu terapkan dalam situasi ini adalah dengan menyertakan humor dalam obrolanmu.

Namun, kamu perlu membaca situasi apakah humor tersebut dapat memperbaiki suasana atau justru sebaliknya.

Jika ditempatkan dengan baik, humor dapat membantu merubah atmosfer dan menunjukkan bahwa kamu tidak terpengaruh dengan kata-kata mereka. Senyum adalah cara terbaik untuk menyikapi kekerasan kata.

BACA JUGA 6 Tips untuk Memperbaiki Komunikasi yang Buruk dengan Pasangan, Jawaban untuk Kegundahan Hubunganmu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: