11 Makanan Penyebab Hipertensi, Ingin Selamat! Mulai Sekarang Kurangi Makanan Pemicunya

11 Makanan Penyebab Hipertensi, Ingin Selamat! Mulai Sekarang Kurangi Makanan Pemicunya

Makanan cepat saji salah satu penyebab hipertensi-Freepik.com-https://www.freepik.com/free-photo/nice-woman-comparing-taste-two-different-slices-pizza_6984056.htm#query=makanan%20penyebab%20darah%20tinggi&position=13&from_view=search&track=country_rows_v1

Selain daging kambing, pilihlah daging ayam yang juga mengandung lemak jenuh rendah. Namun, perlu diingat, jangan menggunakan kulit ayam yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Di antara semua jenis daging ini, lebih baik pilih ikan, yang jelas mengandung omega 3 atau asam lemak yang baik bagi tubuh serta terbukti dapat menurunkan tekanan darah.

6. Makanan atau minuman dengan pemanis buatan

Gula ternyata bisa memengaruhi tekanan darah dalam tubuh. Bila tidak dikontrol, asupan gula yang berlebih juga bisa menyebabkan hipertensi. Oleh karena itu, sebaiknya hindari konsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula berlebih atau pemanis buatan, terutama bila ada riwayat tekanan darah tinggi.

Untuk mencegah hipertensi semakin parah, lebih baik dari sekarang mulai mengurangi asupan makanan dan minuman dengan pemanis buatan. AHA merekomendasikan untuk membatasi asupan gula tambahan, yaitu sebesar 6 sendok teh (sekitar 24 gram) per hari untuk wanita dan 9 sendok teh (sekitar 36 gram) untuk pria.

7. Minuman berkafein

Kafein ternyata berpotensi menjadi penyebab darah tinggi. Jadi yang mempunyai hipertensi atau prehipertensi, sebaiknya jangan berlebihan mengonsumsi kopi.

Kafein dapat menghambat pelepasan hormon adenosin, yaitu hormon yang menjaga pembuluh darah tetap melebar. Selain itu, kafein juga dapat merangsang kelenjar adrenal untuk melepaskan hormon adrenalin dan kortisol lebih banyak. Oleh karenanya, penderita tekanan darah tinggi jangan terlalu banyak minum kopi.

Meski demikian, tidak semua orang yang mengonsumsi minuman berkafein dapat berpengaruh pada tekanan darahnya. Namun, bagi yang memiliki hipertensi, lebih baik menguranginya. Konsumsi kopi setidaknya tidak melebihi empat cangkir setiap harinya.

8. Minuman beralkohol

Orang yang terlalu banyak dan sering minum minuman beralkohol tekanan darahnya bisa meningkat. Bahkan, bagi yang memiliki penyakit hipertensi, minum alkohol berlebih juga dapat memperparah kondisi tekanan darah tinggi yang diderita.

9. Bahan-bahan makanan

Bahan-bahan makanan seperti saus sambal, saus salad, dan kecap kandungan sodiumnya tinggi. Mulai sekarang belilah bahan-bahan makanan rendah sodium.

10. Makanan beku

Makanan beku atau frozen food memang dapat disajikan secara mudah dan praktis, namun ternyata banyak mengandung natrium. Jika ingin makanan yang praktis karena kesibukan, carilah opsi makanan beku dengan kandungan sodium 600 miligram atau kurang dari itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: