6 Obat Alami untuk Menurunkan Tensi Darah, Penderita Hipertensi Harus Tahu Ini

6 Obat Alami untuk Menurunkan Tensi Darah, Penderita Hipertensi Harus Tahu Ini

Obat alami untuk menurunkan tensi darah -ilustrasi kapulaga. rempah alami penurun tensi darah-Shopee

RADARPEKALONGAN - Kabar baik bagi penderita darah tinggi, saat ini telah ditemukan sejumlah rempah maupun tanaman yang mampu dikadikan sebagai obat alami untuk menurunkan tensi darah. Rempah ataupun tanaman tesebut juga bukanlah rempah maupun tanaman sembarangan loh.

Sejumlah rempah maupun tanaman tersebut memang sudah lama dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Bahkan tidak sedikit dari beberapa bahan tersebut tidak memiliki efek samping apapun.

Berikut ini daftar rempah maupun tanaman yang dapat dijadikan obat alami untuk menurunkan tensi darah.

1. Kapulaga

Obat alami untuk menurunkan tensi darah yang pertama akan diperkenalkan adalah kapulaga. Kapulaga ini merupakan rempah yang berasal dari India dan sering dijadikan sebagai penyedap cita rasa dalam menu masakan Asia Selatan.

BACA JUGA:Penderita Hipertensi Wajib Baca Ini! Cara Alami Menurunkan Tekanan Darah yang Ampuh dalam 10 Menit

BACA JUGA:Mudah Dilakukan! Inilah 6 Cara Mengatasi Darah Tinggi Tanpa Obat Dijamin Langsung Normal Kembali

Kapulaga ini diketahui dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan menghambat reaksi kalsium dalam tubuh. Tanaman ini, juga dapat bekerja dengan kinerja yang hampir sama dengan obat hipertensi golongan calcium-channel blocker dalam menurunkan tekanan darah.

Bahkan ada sebuah penelitian yang menunjukkan, selain dapat menurunkan tekanan darah, kapulaga ini juga dapat membantu memperbaiki fungsi endotel pembuluh darah.

2. Ketumbar

Selain kapulaga ada lagi nih jenis rempah yang dapat dijadikan obat alami dalam menurunkan tensi darah. Jenis rempah tersebut adalah ketumbar.

Beberepa penelitian menunjukkan bahwa ketumbar ini dapat menurunan faktor yang menjadi risiko penyakit jantung, salah satunya adalah tekanan darah tinggi.

BACA JUGA:Manfaat Rajin Berdizikir, Cara Mengobati Darah Tinggi Tanpa Obat yang Dianjurkan oleh Dr. Zaidul Akbar

BACA JUGA:Daftar 6 Buah untuk Menurunkan Hipertensi dengan Segala Kandungannya, Rekomendasi untuk Pasien Darah Tinggi

Di sini, ekstrak ketumbar bertindak sebagai diuretik yang mana mampu membantu tubuh membuang kelebihan natrium dalam tubuh.

3. Peterseli

Setelah kita mengenal rempah-rempahnya, sekarang kita menuju ke tanaman herbal yang dapat dijadikan obat penurun darah tinggi.

Salah satu tanaman herbal yang dipercaya dapat dijadikan obat alami yang ampuh menurunkan darah tinggi adalah peterseli. Hal ini dikarenakan, peterseli ini memiliki kandungan karetonid dan Vitamin C yang memiliki kemampuan dalam menurunkan tekana darah.

Tidak hanya menurunkan tekana darah tinggi, kedua kandungan dari tanaman herbal ini juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

BACA JUGA:Inilah 5 Buah yang Baik Dikonsumsi oleh Penderita Darah Tinggi, Efektif Bantu Turunkan Tekanan Darah

BACA JUGA:Coba Ini! 5 Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Tanpa Obat Menurut Dr. Zaidul Akbar

Tidak hanya itu saja, karena sifatnya yang larut air, Vitamin C yang terkandung di dalam Peterseli juga dapat bertindah sebagai diuretik dengan cara membantu ginjal mengeluarkan air dan garam berlebih dari pembuluh darah melalui urine.

Dengan berkurangnya jumlah air dan garah tersebut, tekanan pada pembuluh darah pun akan menurun secara otomatis.

4. Seledri

Dikenal dengan aromanya yang khas, seledri ini juga dapat membantu mengatasi hipertensi loh. Sebab, seledri ini memiliki kandungan serat yang tinggi, magenesium, potassium, serta rendah lemak.

Tidak hanya itu saja, seledir juga mengandung senyawa yang dipercaya memiliki kinerja yang mirip dengan obat hipertensi.

5. Biji Rami

Obat alami untuk menurukan tensi darah yang lainnya adalah biji rami. Bahan yang dikenal mampu menjadi obat hipertensi ini memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang mampu menurunkan tekanan darah dan kadar trigliserida dalam darah.

Selain itu, asam lemak ini juga dapat membantu menghalau penumpukkan plak lemak yang dapat menyumbat pembuluh darah arteri dan memicu hipertensi.

BACA JUGA:Mudah Dibuat! Inilah 4 Resep Jus Penurun Darah Tinggi yang Enak dan Menyegarkan

BACA JUGA:Enak dan Bermanfaat! 4 Buah untuk Meredakan Darah Tinggi Lengkap dengan Kandungan di Dalamnya

Kalian bisa mendapatkan hasil dari manfaat ini dengan rutin mengonsumsi biji rami ini sebanyak 40-50 gram/hari selama 12 minggu.

6. Thyme

Daun tyme merupakan sejenis tanaman ini yang biasanya dijadikan penyedap rasa khas masakan Mediterania yang mana memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah dapat menurunkan darah tinggi.

Hal ini dikarenakan, hebarl ini memiliki kandungan asam rosmarinic yang dapat meningkatkan kelancaran sirkulasi darah. Sehingga bisa menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

Cara kerja dari Thyme ini sendiri yakni dengan menghambat enzim pengubah angiotensi atau ACE inhibitor.

BACA JUGA:Kaya akan Vitamin, 10 Buah untuk Menghilangkan Pusing Saat Hamil agar Badan Tak Lemas

BACA JUGA:Wajib Coba Nih! 6 Jus Penurun Darah Tinggi yang Enak dan Menyegarkan

Itulah beberapa penjelasan mengenai beberapa obat alami untuk menurunkan tensi darah yang mana dapat dengan mudah kalian temukan di lingkungan sekitar.

Namun obat ini hanya bersifat membantu. Sehingga kalian juga perlu merubah gaya hidup burukmu, dari yang tadinya suka merokok, mengonsumsi garam yang berlebihan, serta tidak menjaga pola makan menjadi lebih sehat dengan mengurangi kebiasaan tersebut sedikit demi sedikit.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: